Begini Cara Menghemat Bahan Bakar Agar Tangki Solar Tidak Cepat Kosong

Mobil dengan mesin diesel memang tidak terlalu banyak disukai masyarakat.Biasanya kendaraan bermesin diesel merupakan kendaraan besar seperti truk atau bus yang memang memerlukan performa yang besar dan kuat.Untuk itulah mengapa banyak orang yang akhirnya mengisi tangki solar terbaik kendaraannya sampai penuh.Namun, pernahkah kalian berpikir jika kendaraan dengan mesin diesel cukup boros dan menghabiskan banyak bahan bakar? Jika kalian tidak ingin rugi karena terlalu boros solar maka berikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk berhemat.

  1.   Rutin melakukan service

Service kendaraan secara rutin bisa sangat menghemat penggunaan bahan bakar.Setidaknya kalian harus melakukan service tiap 3 bulan sekali agar kondisi kendaraan tetap prima.  Dengan service juga saluran bahan bakar dan komponen bisa dijaga dengan baik sehingga konsumsi bahan bakar bisa semakin irit dan efisien.

  1.   Mengurangi beban kendaraan

Pernahkah kalian melihat kendaraan seperti truk yang mengangkut muatan secara berlebihan? Hal ini tentu akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Oleh sebab itu,jika kalian berpergian sebaiknya membawa barang seperlunya atau bisa juga pergi menggunakan 2 buah kendaraan jika memiliki banyak barang dan penumpang.

  1.   Memastikan tekanan ban kendaraan tetap baik

Selain mesin, roda juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.Hal ini sangat erat dengan tahanan gulir (rolling resistance).Percaya atau tidak, jika tekanan di ban kendaraan berkurang maka saat kendaraan berjalan maka hal tersebut bisa mengakibatkan pemborosan bahan bakar.Oleh sebab itu, selalu periksa tekanan ban kendaraan kalian secara rutin.

Selain tips-tips di atas, cara terpenting untuk membuat tangki solar kendaraan kalian tidak cepat kosong adalah dengan berkendara dengan baik di jalanan. Hindari bersikap ugal-ugalan dan menyetir dengan kecepatan tinggi kecuali di jalan tol. Selain untuk menghemat bahan bakar, hal tersebut juga bisa membuat kendaraan kalian lebih awet dan tahan lama. Selain itu, selalu ingat untuk memilih kendaraan yang memiliki teknologi irit bahan bakar.Meskipun di awal harganya terbilang mahal tapi hal ini bisa menghemat biaya operasional kalian.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *