Cara Merawat Tangki Solar Yang Wajib Dipahami

Sama seperti generator solar (diesel), tangki solar terbaik juga perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin agar tidak mudah rusak.Jika tangki tersebut rusak bukan hanya genset solar tidak bisa menyala tapi juga berpotensi menimbulkan kebakaran mengingat solar merupakan bahan yang mudah terbakar.Oleh sebab itu, merawat tangki juga termasuk dalam menjaga keselamatan lingkungan sekitar. Bagi yang masih bingung bagaimana merawat tangki dengan benar berikut ini beberapa cara sederhana yang dianjurkan.

  1.   Melakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan rutin sangat penting untuk mengetahui kerusakkan yang terjadi pada rangka.Meskipun hanya kerusakan kecil tapi jika dibiarkan maka hal tersebut bisa membahayakan.Selain itu, dengan adanya pemeriksaan rutin kalian bisa tahu jumlah sisa bahan bakar yang digunakan.

  1.   Menjaga kebersihan tangkai

Selain diperiksa rutin,kalian juga harus membersihkan tangki tersebut agar terlihat bersih dan bebas dari kotoran.Meskipun tangka terbuat dari bahan yang berkualitas tapi hal tersebut tidak membuatnya terbebas dari debu dan kotoran.Berbagai kotoran yang menumpuk jika dibiarkan bisa saja mengerak,menimbulkan noda serta mengundang berbagai binatang berbahaya.

  1.   Meletakan di tempat yang aman

Meskipun tangki cukup tebal dan kuat tapi sebaiknya kalian meletakkannya di tempat yang aman dan cukup jauh dari kerumunan. Hal ini selain untuk meminimalisir resiko kebakaran juga untuk memudahkan proses pengisian. Pastikan juga lokasi tangka aman dari gangguan anak-anak dan binatang.

  1.   Hindari panas berlebih

Karena negara kita cenderung panas dan terpapar matahari secara langsung maka sangat disarankan untuk meletakan tangki di tempat yang memiliki atap.Selain untuk meminimalisir air hujan juga bisa mengurangi sengatan sinar matahari.Suhu yang tinggi bisa saja membahayakan lingkungan mengingat solar bisa menguap dan mudah terbakar.

Dari berbagai tips cara merawat tangki solar di atas, kalian bisa tahu jika sebenarnya tangki solar tersebut cukup berbahaya bila tidak dirawat secara rutin. Mengingat genset diesel memiliki ukuran dan performa yang besar tentu saja jumlah solar yang dibutuhkan untuk sekali beroperasi bisa sangat banyak.Oleh karena itu, selain merawat rangka kalian juga harus merawat mesin genset dieset tersebut.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *